Kemkomdigi Terus Pasok Kebutuhan Darurat Warga Terdampak

Kemkomdigi Terus Pasok Kebutuhan Darurat Warga Terdampak

*SIARAN PERS*

_UNTUK DITERBITKAN SEGERA_

*Kemkomdigi Terus Pasok Kebutuhan Darurat Warga Terdampak* 

*Medan, 2 Desember 2025* – Kementerian Komunikasi dan Digital (Kemkondigi) kembali mendatangkan bantuan di Posko Darurat Pemprov Sumut. Prioritas bantuan bagi yang masih mengalami keterbatasan logistik maupun akses komunikasi.

Ketua Harian Posko Darurat Bencana Pemprov Sumut, Basarin Yunus Tanjung, menegaskan bahwa bantuan dari Kemkondigi berupa kebutuhan dasar bagi masyarakat, seperti makanan ringan, susu, biskuit, air mineral, popok bayi, mie instan, serta perangkat Starlink yang akan mendukung pemulihan konektivitas darurat di lapangan.

“Bantuan ini mudah-mudahan bermanfaat bagi masyarakat terdampak. Ada makanan ringan, susu, biskuit, air mineral, popok, mie instan, dan juga perangkat Starlink,” ujar Basarin.

Basarin menjelaskan bahwa distribusi bantuan tersebut dilakukan melalui Lanud Soewondo, yang menjadi titik angkut utama ke wilayah yang sulit dijangkau. Namun begitu saat ini diakuinya beberapa kendala masih sedikit menghabat penyaluran bantuan, misalnya masih terjadinya antrean distribusi bahan bakar minyak (BBM) khususnya ke Tapanuli Tengah (Tapteng), sehingga jadwal penerbangan bantuan pun harus menyesuaikan. 

Kendati demikian, pasokan bantuan untuk Tapteng dan Sibolga diprioritaskan melalui jalur udara, sementara daerah lain seperti Langkat dapat dilayani melalui jalur darat.

“Kalau sudah memungkinkan dari lanud, nanti kita drop. Untuk Tapteng dan Sibolga tetap lewat udara. Sementara daerah lain seperti Langkat, bisa lewat darat,” katanya.

Posko Darurat juga terus memperbarui skema distribusi berdasarkan permintaan dan penilaian kebutuhan mendesak di masing-masing daerah terdampak.

Sementara itu, Sekretaris Direktorat Jenderal Komunikasi Publik dan Media Kemkomdigi, Very Radian Wicaksono menambahkan bahwa dukungan ini merupakan bentuk dukungan pemerintah untuk membantu mempercepat pemulihan warga yang terdampak bencana.

“Kami menyadari ini tidak dapat menggantikan apa yang hilang, tetapi menjadi wujud kepedulian dan kemanusiaan yang sama. Kami berharap ini dapat mengurangi beban masyarakat di posko pengungsian,” ujar Very.

Selain bantuan logistik, Kemkomdigi juga menyalurkan perangkat Starlink untuk mengamankan konektivitas internet di titik-titik kritis, terutama wilayah yang masih terputus akibat kerusakan infrastruktur atau terisolasi secara geografis. 

Internet darurat tersebut dibutuhkan untuk memperkuat koordinasi posko, mempercepat pendataan korban, serta mendukung proses evakuasi dan distribusi logistik.

“Beberapa titik memang membutuhkan koneksi. Kami sudah bekerja sama dengan Starlink, dan perangkatnya sudah didistribusikan untuk mempercepat akses internet,” jelas Very.

Dengan dukungan logistik dan teknologi komunikasi ini, Pemprov Sumut bersama kementerian terkait menargetkan penanganan darurat berlangsung lebih cepat, responsif, dan tepat sasaran untuk seluruh masyarakat yang terdampak

Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) terus memastikan pemulihan konektivitas jaringan serta infrastruktur telekomunikasi di wilayah terdampak banjir dan tanah longsor di Sumatra.

Selain pemulihan teknis, Komdigi juga mendirikan sejumlah Posko sebagai Pusat Informasi dan Media Center untuk mendukung komunikasi darurat dan koordinasi penanganan bencana.

Di Aceh, posko dipusatkan di Gedung Sekretariat Daerah Provinsi Aceh, sementara di Sumatra Barat posko ditempatkan di Komplek Kantor Gubernur Sumbar.

Untuk Sumatra Utara, Posko Komdigi beroperasi di tiga titik, yakni Gedung Kwarda Gerakan Pramuka Sumut, Gelanggang Olahraga (GOR) Pandan Tapanuli Tengah), serta Posko Trauma Healing di Hamparan Perak, Deli Serdang.

Posko tersebut berfungsi sebagai ruang kerja bagi jurnalis, pusat penyelenggaraan konferensi pers, serta titik koordinasi lapangan bagi satuan Komdigi, operator seluler, pemerintah daerah dan para pemangku kepentingan terkait.

Selain itu, posko menjadi lokasi pemantauan jaringan telekomunikasi oleh Balai Monitoring (Balmon) di tingkat wilayah, sekaligus ruang redaksi bersama untuk penyusunan narasi, informasi publik, dan berbagai konten terkait penanganan bencana. (Pasha/TR)

*********

Untuk Informasi lebih lanjut, silakan menghubungi kontak di bawah ini.

Tim Redaksi – 08132193171

1. berikut si.id tanggap darurat bencana Sumatra: https://s.id/TanggapBencanaSumatra

2. Berikut link drive cleanfeed & dokumentasi foto&Video

https://drive.google.com/drive/folders/1oRFgHSUj4k0TcDYgU_7rDNAQRRZC4FKC

3. Dapatkan informasi lainnya di https://infopublik.id